Tentang Pojok Kependudukan

   PROGRAM POJOK KEPENDUDUKAN

STIKes   MITRA HUSADA MEDAN

Adapun maksud dari pembuatan pojok kependudukan adalah sesuai dengan visi dan misi STIKes Mitra Husada Medan yaitu memberikan pelayanan  service excellent melalui informasi terkait masalah kependudukan yang sering terjadi dilingkungan masyarakat serta upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Kegiatan ini bertempat di STIKes Mitra Husada Medan Berdasarkan Visi dan Misi STIKes Mitra Husada Medan yaitu;

  1. Visi

Menjadi prodi kebidanan program diploma tiga sebagai penyelenggaraan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang kebidanan yang unggul service excellent dalam pelayanan kebidanan yang berintegritas tinngi dan berdaya saing di tingkat nasional tahun 2030.

  1. Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dalam  service excellent, berintegritas tinggi dan berdaya saing secara nasional dan internasional
  2. Menyelenggarakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi prodi kebidanan program diploma tiga STKes mitra husada Medan.
  3. Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang  service excellent, berakhlak, berintergritas tinggi serta berdaya saing di tingkat nasional dan internasional
  4. Mengembangkan praktek yang service excellent, berbasis fakta (evidence based practice) yang bercirikan kegawatdaruratan kebidanan dan kewirausahaan
  5. Menyelenggrakan kerjasama dalam lembaga instansi terkait baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

             Berdasarkan Visi dan Misi tersebut maka kegiatan Program  Pojok Kependudukan STIKes Mitra Husada Medan mempunyai visi kedepan dengan capaian hal sbb;

  1. Hasil yang di capai dan tindak lanjut

Adapun hasil yang harus  dicapai dalam program ini adalah

  1. Membantu BKKBN dalam usaha mengencarkan program-program berkaitan dengan KKBPK dalam masyarakat.
  2. Menjadi media dalam penyampaian usaha-usaha yang berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat indonesia.
  3. Menjadi perpanjangan tangan aktif BKKBN dalam membantu terfasilitasnya kebutuhan materi-materi kependudukan bagi peserta didik.
  4. Membantu pemerintah dalam penerapan program KB (2 anak lebih baik)
  5. Menyadarkan masyrakat terutama remaja tentang bahaya pernikahan dini
  6. Meratakan pertumbuhan penduduk
  7. Membantu masyarakat untuk meningkatkan kesehatan reproduksi
  8. Memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan
  9. Menumbuhkan sikap tanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan.
  1. Partisipasi Masyarakat

            Dikarenakan program ini dilakukan di STIKes Mitra Husada Medan maka kami melakukan pendekatan dengan pihak kampus. Respon kampus ketika kami melakukan program BKKBN ini sangat baik.

Program pojok kependudukan ini sendiri memiliki gedung center sebagai pusat informasi mengenai kependudukan dan KB. Sehingga disediakan sejumlah fasilitas, dalam menggali informasi termasuk akses internet dengan seorang operator. Pojok Kependudukan itu bisa dijadikan untuk mendata penduduk, kekayaan dan potensi alam agar dapat diberdayakan bagi kesejahteraan masyarakat.

Tanpa melihat latar belakang, golongan darah, menengah ataupun kelas atas, tua dan  muda, memiliki logis bagi kondisi kependudukan atas prilaku dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai isu kependudukan menjadi tantangan dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Diantaranya jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, kualitasnya yang masih rendah, tingginya arus migrasi dan besarnya jumlah proporsi penduduk usia muda. Tantangan lain yakni menyiapkan penduduk usia muda agar menjadi sumber daya yang produktif dan berguna bagi bangsa serta menyiapkan penduduk usia lanjut agar menjadi lansia yang sehat mandiri dan tangguh.

Dalam rangka pelaksanaan sinkronisasi kebijakan pengendalian kuantitas penduduk, pemerintah menetapkan program dan kegiatan penyelenggaraan pengendalian kuantitas penduduk yang salah satunya melalui kerja sama pendidikan kependudukan. Pendidikan kependudukan adalah upaya terencana dan sistimatis untuk membantu masyarakat agar memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran tentang kondisi kependudukan, sehingga diharapkan masyarakat akan memiliki prilaku yang bertanggugjawab dan ikut peduli dengan kualitas hidup generasi sekarang dan mendatang.

Pelaksanaan pendidikan kependudukan dilakukan melalui jalur pendidikan formal, nonformal dan informal. Sebab melalui jalur pendidikan sangat potensial untuk mengembangkan pengetahuan tentang kependudukan.

Maka dalam hal ini untuk mengatasi semua masalah kependudukan perlunya dilakukan pojok kependudukan yang dilakukan oleh STIKes Mitra Husada Medan seperti Pemasangan Alat kontrasepsi AKDR (Alat Kontrasepsi dalam rahim), AKBK (Alat Kontrasepsi Bawah Kulit), Pemeriksaan IVA, Penelitian mengolah daun katuk menjadi biskuit untuk melancarkan ASI, Planing Of Action (POA), Lokakarya Mini.

Sehingga dengan dilakukannya semua kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan alat kontrasepsi.

 

      Adapun maksud dari kegiatan pojok kependudukn ini adalah untuk memberikan informasi terkait masalah kependudukan yang sering terjadi dilingkungan masyarakat serta upaya untuk mengatasi masalah tersebut.

Hasil yang dapat dicapai dari tindakan ini yaitu:

  1. Membantu masyarakat dalam peningkatan kualitas hidup
  2. Membantu BKKBN dalam menurunkan angka kelahiran
  3. Meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak  

 

       Kegiatan Pemeriksaan Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA) yang dilakukan Mahasiswa STIkes Mitra Husada Medan di Desa Beringin Kecamatan Deli Serdang yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan reproduksi.

Hasil yang dapat dicapai dari tindakan ini:

  1. Untuk mengetahui secara dini kanker serviks, dan segera dilakukan penatalaksanaan yang cepat dan tepat.
  2. Memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya dari kanker serviks.

   Mahasiswa STIKes Mitra Husada Medan Melakukan kegiatan Planing Of Action (POA) di Desa Beringin Kabupaten Deli Serdang


STIKes Mitra Husada Medan

image4

Alamat

Telephone:(061) 8367405
Email: stikesmitrahusadamedan18@gmail.com

Jl. Pintu Air IV, Kwala Bekala
Medan Johor, Kota Medan
Sumatera Utara 20142